Menyibak tentang RAM


Apa Itu RAM ?

RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory yang digunakan oleh komputer sebagai tempat kerja sementara. Prosesor memindahkan data dan aplikasi yang tengah diproses dari tempat penyimpanan permanen seperti harddisk maupun optikal storage devise kedalam RAM. Prosesor akanmenjalankan aplikasi dan data yang ada dari tempat penyimpanan sementara ini. Setiap data yang baru akan dibuat dan disimpan sementara di memory sebelum di simpan secara permanen di harddisk. Setiap byteinformasi yang digunakan oleh komputer selama beroperasi akan melalui memori selama perjalanan baik dari atau ke 1/0 device, proseseor atau harddisk.
DDR VS DDR2

DDR2 sejatinya hadir sebagai pelengkap fitur chipset terbaru keluaranIntel. DDR 2 (dibaca DDR genre kedua) dibandingkan pendahulunya berjalan dengan Voltase lebih rendah untuk meredam panas serta memperbesar kapasitas Chip untuk meningkatkan kapasitas modul memori. Selain itu DDR 2 juga didesain dengan ukuran lebih besar 240 pin dibandingkan dengan DDR yang hanya 184 pin. Ini mempengaruhi ukuran socket penyanggayang ada dibagian tengah memori.

 

 

DDR 2 hanya akan dapat bekerja secara optimal apabila motherboard yang digunakan mampu mengakomodasi clock speed. Sebagai contoh memori 1066 bakal tampil optimal saat bekerja di mobo dengan FSB yang sama, namun tidak demikian dengan DDR 533 di mobo yang sama. Secara teoris, DDR 2 sesungguhnya lebih unggul dibandingkan DDR.
DDR 3, Memori Masa Depan

Sejauh ini standar DDR 3 masih dalam pembicaraan serius.Meski demikian,teknologi memori DDR 3 – seperti juga seri DDR 2 – telahmatang dan mapan digunakan pada platform VGA.Teknologi memori DDR 3 diVGA oleh banyak kalangan telah dianggap mencapai puncak tertinggisehingga harus segera diimplementasikan ke modul DDR.seperti kasus teknologi periferal yang lain,belum bakunya standar sejatinya merupakan kata lain belum siapnya pasar menerima produk baru. DDR 3 dikeluarkan untuk mengatasi isu keterbatasan frekuensi sebagai akibat kelemahan sistem terminasi penentuan alamat dan baris perintah pada chip DDR 2.Ini diperparah dengan isu panas dan konsumsi listrik yang dirasakan cukup tinggi. Diharapkan nantinya DDR 3 hanya akan mengkonsumsi listrik maksimal sebesar 0,8 volt atau lebih rendah 1 volt ketimbang DDR 2 yang ada saat ini.Dengan semakin rendahnya tegangan yang digunakan,diharapkantingkat panas dapat diredam seoptimal mungkin sehingga frekuensi memori dapat ditingkatkan lebih tinggi lagi.Diharapkan DDR 3 akan mampu berjalan pada bus speed 1333 dan 1600. DDR 3 disebut-sebut bakal memiliki memory controller independent .Dengan demikian ,memori ini mampu bekerja secara independen dengan performamaksimaal saat mendisrtibusikan data atau aplikasi tanpa harus tergantung oleh panjang jalur atau tingkat kerumitan dari atau ke south brodge atau ke prosesor.Dalam hal ukuran tampaknya DDR 3 juga bakal tampil lebih besar dibandingkan DDR 2.Diperkirakan ukuran pin yang digunakan bakal berkisar 296 hingga 312 pin.Teknologi paling dinanti-nanti dari DDR 3 adalah QBM (Quad BandMemory ,teknologi memori yang dirilis VIA.teknologi ini setara denganteknologi 4 channel ).sayangnya QBM sendiri sangat bergantung padaperkembangan kemajuan spesifikasi prosesor dalam menangani proses datadari atau ke memori.Meski masa depannya belum pasti,DDR 3 setidaknya bakal muncul palinglambat tujuh tahun mendatang.Perkembangan prosesor dan tuntutan untukmemperbaharui struktur pasar dapat dipastikan bakal memaksa banyakkalangan beralih ke memori teknologi baru ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: