Endeavour Kembali ke Bumi


Endeavour Kembali ke Bumi

Senin, 22 Februari 2010 | 13:56 WIB

Endeavour Kembali Ke Bumi

HOUSTON, KOMPAS.com — Pesawat ulang alik Endeavour mendarat dengan selamat di Florida, Minggu malam waktu setempat atau Senin pagi waktu Indonesia. Pendaratan itu berjalan mulus di tengah perkiraan cuaca yang menyebutkan bahwa badai yang datang bisa memaksa Endeavour memperpanjang misinya di stasiun antariksa internasional (ISS).

Komandan George Zamka yang mengemudikan Endeavour dan lima awaknya mendarat pada Minggu (21/2/2010) pukul 22.20 waktu Florida atau pukul 10.20 WIB di landas pacu fasilitas pendaratan pesawat ulang alik Kennedy Space Center, Florida.

“Houston, sungguh menyenangkan bisa pulang,” ujar Zamka pada pusat kendali misi. “Ini sungguh petualangan yang hebat.”

Para awak itu kembali setelah melaksanakan misi STS-130 untuk memasang modul baru Node 3 “Tranquility” dan merakit dek pengamatan angkasa luar yang berjendela tujuh buah, yang disebut Cupola di ISS.

Astronot Jepang yang berada di stasiun, Soichi Noguchi, menyatakan bahwa Cupola berfungsi baik. Ia bisa menyaksikan jalur cahaya terang Endeavour saat pesawat itu memasuki atmosfer Bumi.

“Saya menyaksikan masuknya pesawat ke atmosfer dari jendela Cupola,” tulis Noguchi di halaman Twitter-nya. Ia sudah berada di stasiun sejak Desember. “Pemandangan itu sungguh luar biasa,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: