Doktrin Islam


Definisi Islam

Islam adalah agama yang diturunkan oleh Allah SWT. kepada Nabi Muhammad saw. untu mengatur hubungan manusia dengan Allah, dengan dirinya dan dengan sesamanya.

definisi ini diambil dari beberapa nas, baik Al-Quran maupun Hadits. Definisi itu sendiri merupakan deskripsi realitas yang bersifat Jami’ (KOmprehensif) dan Mani’ (protektif). Artinya definisi itu harus menyeluruh meliputi seluruh aspek yang dideskripsikan, dan memproteksi sifat-sifat diluar substansi yang dideskripsikan. inilah gambaran yang mengenai definisi yang benar.

Batasan Islam sebagai “agama yang diturunkan oleh Allah SWT” telah memproteksi agama yang tidak diturunkan oleh Allah SWT. ini meliputi agama apapun yang tidak diturunkan oleh Allah SWT, baik Hindu, Budha, Konghucu, Sintoisme ataupun yang lain. sedangkan batasan “kepada Nabi Muhammad saw.” telah memproteksi agama lain selain agama yang diturukan kepada Nabi Muhammad saw, baik itu agama yang diturunkan kepada Nabi Musa, Isa maupun yang lain, apakah Kristen, Yahudi ataupun agama-agama Nabi dan Rasul yang lain. Mengenai batasan “yang mengatur hubungan manusia dengan Allah, dengan dirinya dan dengan sesamanya” ini merupakan deskripsi yang komprehensif meliputi seluruh aspek, mulai dari urusan dunia sampai akhirat, baik yang menyangkut dosa, pahala, surga, neraka maupun aqidah, ibadah, ekonomi, sosial, politik, pendidikan dan sebagainya.

semuanya ini dijelaskan oleh nas-nas syara’, antara lain :

” sesungguhnya agama (yang diridhai) di sisi Allah hanyalah Islam.” (Q.s. Ali Imran: 19).

Ayat ini menjelaskan kedudukan islam sebagai agama samawi yang diturunkan oleh Allah kepada manusia. namun ketika Allah menjelaskan “sesungguhnya agama di sisi Allah hanyalah Islam” berarti bahwa agama lain, yang pernah diturunkan oleh Allah tidak diakui setelah diturunkannya Islam. pengertian ini dikuatkan oleh firman Allah SWT yang menyatakan :

“Hari ini telah aku sempurnakan untuk kamu agama kamu, dan telah aku cukupkan untuk kamu nikmat-Ku, serta Aku ridhai Islam sebagai agama kamu.” (Q.s. Al-Maidah:3).

……… bersambung….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: