Wow, Ada Dek Pengamatan Berkubah di Antariksa


Sabtu, 20 Februari 2010 | 11:13 WIB

CAPE CANAVERAL, KOMPAS.com – Pesawat ulang alik Endeavour bertolak menuju bumi dari Stasiun Antariksa Internasional, Jumat (19/2/2010). Misi awak Endeavour sukses, dan kini stasiun ruang angkasa tersebut sudah hampir selesai.

Awak Endeavour dari stasiun antariksa tersebut bekerja sama selama 10 hari untuk membangun ruang yang disebut ‘Tranquility’ (ketenangan), yakni dek pengamatan berkubah yang baru kali ini diciptakan di ruang angkasa. Bisa dibayangkan betapa menakjubkannya pemandangan dari ruang ini. Tranquility merupakan tahap besar yang terakhir dalam pembangunan stasiun itu, dan ruang ini lengkap dengan peralatan olah-raga, penunjang kehidupan, dan toilet.

Seiring Endeavor menjauh dari stasiun antariksa, para awak saling mengucapkan selamat tinggal. “Sayangnya kami harus pergi. Semoga kalian bisa menikmati Tranquility dan pemandangan barunya,” tutur George Zamka, ketua regu ulang alik Endeavour.

Berkat jasa awak Endeavour kini stasiun tersebut sudah 98 persen selesai dan total massanya sekitar 400 ton. Dua bagian baru stasiun tersebut dibiayai oleh Badan Antariksa Eropa, nilainya lebih dari USD 400 juta, atau sekitar Rp. 3,74 triliun.

Dengan rampungnya misi ini berarti tinggal empat peluncuran ulang alik tersisa dalam agenda. Ulang alik Discovery rencananya akan diluncurkan di awal April untuk membawa peralatan ilmiah dan pasokan lainnya. NASA menargetkan selesainya konstruksi stasiun tersebut di akhir tahun ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: